CARA MEMULAI BISNIS ONLINE ATAU ONLINE SHOP DENGAN BENAR

CARA MEMULAI BISNIS ONLINE ATAU ONLINE SHOP DENGAN BENAR
CARA MEMULAI BISNIS ONLINE ATAU ONLINE SHOP DENGAN BENAR
Banyak orang yang memulai bisnis online atau online shop tanpa memperhatikan hal hal yang dianggap penting, kebanyakan dari mereka hanya membuat sebuah blog berisi produk produk yang di jual atau membuat fan page pada pacebook tanpa memperhatikan hal hal penting yang akan menentukan kesuksesan sebuah bisnis online sehingga web atau blog yang di buat tidak mengasilkan apa apa atau tidak memilikidaya tambah terhadap usaha yang dijalankan.
Ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum anda memulai sebuah bisnis online atau online shop, diantaranya :
  1. Melihat pangsa pasar yang menjadi sasaran penjualan kita,
  2. Melakukan riset atau uji coba terhaap clon pembeli produk kita.
  3. Menentukan media yang akan kita gunakan.
  4. Menyesuaikan anggaran yang di butuhkan dengan ketersediaan dana yang kita miliki untuk memulai sebuah bisnis online.
  5. Menentukan tim work yang akan mengerjakan.
  6. Mulai menjalankan sebuah bisnis online

Langkah 1: Melihat Pangsa Pasar yang Menjadi Sasaran Penjualan kita.

Jika kita sudah memiliki barang yang merupakan produk yang akan di jua secara onine atau memang sudah melakukan usaha bisnis secara offline, tentunya tentunya sudah mengerti dan memahami pangsa pasar yang akan kita tuju pada usaha online yang akan kita jalankan.

melihat pangsa pasar bisnis online

Misalnya kita akan memsarkan produk Es Campur secara online, hal ini sangat memungkinkan untuk kita jual secara online, tentu kita harus memahami pangsa pasar untuk produk kita, siapa yang akan kita tuju :
  • Pelajar atau mahasiswa
  • Para pekerja kantoran
  • Pekerja pabrik
  • Anak gaul atau beberapa komunitas
  • Atau ibu ibu rumah tangga
  • dan lainnya yang bisa anda tentukan 
Pangsa pasar yang akan kita tuju tentu bisa satu segmen atau lebih bahkan bisa semua segmen yang akan kita tuju.

Hal ini merupakan suatu hal yang sangat penting dalam memulai sebuah bisnis online atau online shop karena, ketika kita menentukan pangsa pasar kita Pelajar atau mahasiswa maka bahasa yang kita gunakan tentu bahasa bahasa yang biasa mereka pakai, dan sarana atau media yang kita gunakan untuk mempromosikan produk kita tentu disesuaikan dengan media yang biasa mereka gunakan.

Lahngkah 2 : Melakukan riset atau uji coba terhaap clon pembeli produk kita.

Melakukan riset terhadap produk yang akan kita jual secara online bisa dilakukan dengan mencoba menawarkan produk kita pada teman yang ada pada facebook kita, misalnya dengan cara chating dengan mencoba menawarkan produk kita dan melihat respon yang mereka berikan.

cara-mulai-Bisnis-Online-termurah-Untuk-pemula

Coba juga anda tanyakan kepada mereka yang sudah menjadi pelanggan selama ini jika anda menjual produk anda secara online apakah akan mempermudah mereka dalam melakukan pembelian terhadap produk anda.

Coba lihat pesaing atau penjual produk sejenis yang memang telah melakukan penjualan secara online, anda dapat melihat respon para para pelanggannya yang ada di fans page nya.

Anda teliti apa yang menjadi kekurangan dari pesaing anda apakah anda dapat melakukan secara lebih baik atau memiliki kelebihan tersebut.

Langkah 3 : Menentukan media yang akan kita gunakan dalam bisnis online.

Dalam menentukan media yang akan kita gunakan merupakan hal yang sangat penting dalam memulai sebuah bisnis online.

menentukan media yang akan di gunakan untuk bisnis online

Adapun media tersebut diantaranya :
Dari sekian banyak media yang dapat kita gunakan untuk menunjang usaha bisnis online kita tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan dan kekurangan media yang kita gunakan dalam melakukan sebuah bisnis online akan saya bahas dalam artikel selanjutnya.

Sesuaikan juga pangsa pasar  yang akan kita tuju dengan media yang kita gunakan dan tentu saja sesuaikan juga anggaran yang tersedia dengan media yang akan kita gunakan.

Langkah 4 : Menyesuaikan anggaran yang di butuhkan dengan ketersediaan dana yang kita miliki untuk memulai sebuah bisnis online.

Setiap media online yang digunakan untuk sarana bisnis online memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing dan sudah barang tentu memerlukan biaya yang berbeda pula.

JIka memang anda hanya akan melakukan uji coba terhadap produk anda di jual secara online, untuk mengurangi faktor resiko terhadap kerugian biaya yang anda gunakan, anda dapat menggunakan media yang gratis agar dapat memperkecil atau menghilangkan resiko dari dana yang anda keluarkan untuk memulai sebuah bisnis online,

Anda dapat membuat sebuah fanse page facebook atau dapat membuat sebuah blog agar dapat dilakuka tanpa mengeluarkan biaya untuk membeli sebuah domain atau hosting.
Langkah 5 : Menentukan tim work yang akan mengerjakan usaha bisnis online anda.
team work bisnis online
Tim work yang menjalankan sebuah bisnis online sangat diperlukan karena tidak beda seperti toko pada bisnis offline, sebuah bisnis online memerlukan orang orang untuk bekerja misalnya
  • Mendesain tampilan atau membuat gambar-gambar dari produk yang akan anda jual,
  • Mempromosikan bisnis online anda pada media media sosial yang tersedia,
  • Melakukan penawaran terhadap calon pelanggan,
  • Merespon pertanyaan pertanyaan yang dilakukan oleh calon pelanggan,
  • Merespon pesanan yang pelanggan lakukan,
  • Melakukan riset atau mengamati produk produk baru yang berhubungan dengan produk yang anda jual
  • Mencari pangsa pasar baru dengan mempromosikannya melalui group group yang tersedia pada media sosial,
JIka memang anda tidak memiliki team work dalam menjalankan sebuah bisnis online, mungkin anda dapat melakukannya sendiri namun tentu hal tersebut akan cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran anda.
mulai menjalankan bisnis online
setelah semua langkah diatas dilakukan maka selanjutnya anda tinggal menjalankan bisnis online yang anda jalankan, setelah berjalan pasti anda akan mendapatkan ide ide baru atau suatu terobosan dalam meningkatkan pangsa pasar dan hasil dari bisnis online anda.

Demikian ulasan Cara memulai bisnis online atau online shop dengan benar secara garis besar, untuk lebih mendetail dalam point point bahasan di atas akan saya bahas dalam artikel artikel selanjutnya.
Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda yang akan memulai sebuah bisnis online.
Advertisement