RIVIEW KINERJA BISNIS ONLINE SHOP LAZADA.COM

RIVIEW KINERJA BISNIS ONLINE SHOP LAZADA.COM
RIVIEW KINERJA BISNIS ONLINE SHOP LAZADA.COM
Di era multi media sekarang ini dimana gadget dan internet sudah menjadi kebutuhan dasar manusia, dan bisnis online merupakan suatu hal yang sangat menjanjikan untuk dapat berkembang secara pesat dan lebih mudah.

Salah satu perusahaan yang menangkap peluang itu diantaranya adalah Lazada Indonesia yang dapat di akses di www.lazada.co.id yang didirikan pada tahun 2012 yang merupakan salah satu cabang jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara. 
 
Berawal pada Januari 2012, yang mempekerjakan karyawan yang hanya berjumlah 4 orang, dan pada bulan Agustus 2012 meningkat menjadi 200 orang karyawan dan terus bertambah setiap bulannya.
 
Lazada lebih memfokuskan untuk menjual produk-produk consumer electronic dan peralatan rumah tangga. 


Salah satu keunggulan dari lazada diantaranya adalah gratis ppengiriman untuk wilayah Jakarta dengan menggandeng Go-Jek, hal ini dikarenakan CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.


Selain di Indonesia, Lazada juga beroperasi di beberapa negara di Asia Tenggara, yaitu di Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. 
 
Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh online shop Lazada diantaranya :
  • Layanan Telepon Hotline, dimana anda dapat melepon langsung ke nomor telepon yang tercantum di webnya untuk melakukan konfirmasi atau komplain terhadap barang yang akan atau telah anda pesan.
  • Gratis Biaya Kirim ke seluruh Indonesia, Lazada Indonesia memeberikan layanan gratis ongkos kirim untuk Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimum pembelian sebesar Rp 200.000
  • Pengembalian barang dalam 14 hari, Lazada memberikan kesempatan waktu selama 14 hari kepada para pelanggannya untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang bila terdapat kerusakan atau barang yang di pesan tidak sesuai dengan penjelasan yang dijelaskan di web site nya, pengembalian barang dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir online yang disediakan di website Lazada, kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
  • Waktu Kirim, walaupun belum menerapkan waktu kirim pada hari yang sama (same day delivery), tetapi Lazada Indonesia  membuktikan kemajuan lebih baik dalam hal layanan pengiriman. Dimana pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke seluruh Indonesia.

Namun dibalik kesuksesan dan beberapa kemudahanlayanan yang ditawarkan Lazada indonesia ada beberapa kekurangan yang dikeluhkan beberapa pelanggan mereka, diantaranya :

  • Beli Iphone dapat Sabun Mandi, hal ini dialami oleh seorang pembeli bernama Danis Darusman, hal ini mendapat pemberitaan yang cukup ramai pada bulan Juni 2015, yang langsung mendapat respon serius dengan mengeluarkan tanggapan resmi di depan media pers tanah air.

  • Beli HP asus zenfone 6 yg saya terima malah 2 BOX KISPRAY, hal ini dialami oleh saudara Rizki Kartadikaria seperti yang di realis dalam kicauwan twitter miliknya yang langsung mendapatkan tanggapan serius dari netizer dan permasalahan ini berakhir dengan damai. dimana pihak Lazada mengklaim bahwa permasalahan ini merupakan kasus produk yang tertukar. dan pun Rizki sudah mendapatkan Hp Asus zenfone 6 yang ia pesan meski dengan sedikit permasalahan yang dianggap cukup ribet karena sebelumnya ia beberapa kali menghubungi pihak costumer service tetapi tidak mendapatkan tanggapan.
     

    • Tidak hanya sampai disini ternyata belakangan banyak netizen yang merasa sangat kecewa dengan layanan lazada beberapa diantaranya yang pada saat artikel ini di buat permasalahan tersebut belum terselesaikan diantaranya : Permasalahan yang menimpa saudara Dede yang menulis surat terbuka lewat akun Kaskusnya yang berjudul Surat Terbuka Untuk Lazada : Kasus Refund. yang menyatakan beliau telah berbelanja pada tanggal 10 Januari 2016 di situs lazada dengan menggunakan metode pembayaran BCA Klikpay Debit da mengalami pembatalan sepihak dari pihak Lazada dan mengungkapkan akan mengembalikan dana yang telah dibayarkan maximal 14 hari, namun setelah di tunggu sekian lama dana yang telah di kirimkan ke pihak Lazada belum juga di kembalikan hal tersebut menyebabkan Dede merasa tidak nyaman dan dibuat cukup ribet karena harus bolak balik berkomunikasi menanyakan baik via telfon maupun dengan surat terbuka yang disebarkan di banyak sosial media, namun hingga artikel ini di buat pada tanggal 6 Februari 2016 saudara dede belum mendpatkan dananya kembali. Hal ini sangat jauh berbeda dari sarat dan ketentuan yang dibuat sendiri oleh pihak Lazada.



    • Setelah di cari pada media sosial juga kami menemukan masalah masalah serupa yang meninpa beberapa pembeli di situs lazada.











    Demikian riview dari saya sebagai seorang penulis, meski bukan merupakan pengalaman pribadi, dan bukan bertujuan untuk menjelek jelekan atau merusak nama dari online shop tersebut, namun hal ini dibuat agar anda yang berniat untuk melakukan transaksi online baik dengan pihak Lazada atau dengan pihak online shop lain agar dapat lebih berhati hati, jangan sampai permasalahan permasalahan yang dialami oleh rekan kita dialami juga oleh anda.
    Advertisement