MENGENAL APA ITU BISNIS ONLINE

MENGENAL APA ITU BISNIS ONLINE
MENGENAL APA ITU BISNIS ONLINE
Mengenal apa itu bisnis online ? pada prinsipnya bisnis online merupakan suatu kegiatan jual beri barang atau jasa seperti halnya pada bisnis ofline, tak ada yang beda antar abisnis online dan bisnis ofline atau bisnis konvensional.

Menawarkan suatu barang, menjadi makelar (dalam bisnis online disebut drop ship) atau menjual jasa, semua sama persis seperti bisnis ofline.

Pada bisnis online kita menawarkan produk kita lewat web site, blog, email, bbm, bahkan bisa lewat sms pun merupakan suatu bisnis online karena kita tidak bertemu langsung dengan pembeli, sedangkan pada bisnis ofline kita harus membuat toko, warung atau mall untuk dapat menjajakan produk yang akan kita jual.

Dalam bisnis online ada beberapa cabang seperti hal nya pada bisnis offline kita mengenal toko, biro jasa, show room, tempat penitipan barang, makelar, tukang service, penjual buku, dll yang tentunya suatu bisnis atau usaha yang kita jalani harus sesuai dengan jiwa atau karakteristik dan keahlian kita, jika kita ahli dalam berdagang mungkin kita bisa membuat sebuah toko atau menjadi seorang makelar tapi tidak bisa kita membuat sebuah usaha jasa service.

Sementara dalam bisnis online ada bisnis CPA atau referal, Online Shop, Adsense, Dhorp Ship, membuat Software, dll. seperti halnya dalam duni offline tentu dalam dunia online juga kita harus fokus pada salah satu bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan karakteristik kita.



“Saran saya, kenali dulu diri anda, keahlian apa yang anda miliki sebelum menentukan bisnis online yang akan di jalani”.


Bisnis online memerlukan ketekunan, waktu dan tentu biaya. banyak hal hang harus di pelajari, melakukan riset produk yang akan kita jual, melihat kompetitor, memahami karakteristik konsumen, dan mulai membangun sebuah blog atau web site sebagai tempat kita berjualan seperti halnya toko kalau pada dunia bisnis offline.


Berbeda hal tentunya ketika anda menjalankan bisnis online sebagai exspansi usaha yang telah berjalan selama ini misalnya anda sebagai pemilik sebuah butiq atau toko pakaian, lalu anda menjalankan bisnis online untuk meningkatkan penjualan dan mengenalkan produk anda pada konsumen yang lebih luas, hal ini akan lebih mudah karena sedikit resiko yang akan anda hadapi.




Banyak orang beranggapan kalau dalam bisnis online dapat membuat segala sesuatu hal menjadi lebih mudah, gampang dan cepat, intung banyak, cepat kaya, hal itu merupakan suatu anggapan yang sangat salah bisa di bilang 100 % salah, kaena bisnis online maupun offline sama saja, tidak ada hal yang mudah semudah membalikan tanggan, bisnis instant langsung jadi, bohong besar itu !!!

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan ketika anda menjalankan sebuah bisnis online :
  • Tidak memerlukan biaya yang besar seperti halnya jika anda membuka bisnis offline
  • Tidak menyita waktu banyak karena dapat di seting agar beberapa hal dilakukan secara otomatis
  • Tidak tergantung pada tempat atau lokasi anda menjalankan bisnis online, karena orang hanya melihat web dan produk yang anda tawarkan pada web site tersebut bukan melihat tempat atau bentuk fisik tempat anda berjualan.
  • Tidak memerlukan stock yang banyak atau bahkan anda tidak harus memiliki barang yang anda jual karena anda bisa saja menjadi seorang perantara menjual barang yang orang lain jual.
  • Tidak memerlukan banyak karyawan karena dapat berjalan dengan sendirinya.
Satu hal yang harus anda fahami dalam bisnis online pun terdapat banyak sekali penipuan dan kecurangan yang serng dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab demi untuk mendapatkan keuntungan secara tidak benar.


Demikian ulasan mengenal apa itu bisnis online, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang :

  • Kenali kemampuan diri anda sebelum memilih bisnis online yang akan dijalankan
  • Hal-hal yang harus di siapkan ketika kita akan memulai sebuah bisnis online
  • Jenis-Jenis Bisnis Online
  • Pilihan tepat berbisnis online tanpa modal uang
  • Cara termudah memulai sebuah bisnis online
  • Kegagalan utama dalam memulai sebuah bisnis online
  • Cara melakukan riset sebelum memulai bisnis online
  • Memulai bisnis Online Shop tanpa modal “uang”
  • Teknik marketing bisnis online
  • Dapat duit dar online shop tanpa jual barang, itu bisa
Dan artikel artikel lainnya yang berhubungan dengan bisnis online. kunjungi selalu www.bisnis-online.top
Advertisement